Visi dan Misi

Kantor Kepala Desa Tahalak Ujung Gading

Visi pembangunan desa Tahun 2015-2016 ini disusun denganmemperhatikan/ mengacu visi pembangunan daerah yang termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)Kabupaten Tapanuli Selatan.Makaberdasarkan pertimbangan diatas Visi Desa Tahalak Ujung Gading Tahun 2016-2021 adalah :

Mensejahterakan Masyarakat dan Menciptakan Lingkungan Hidup  Bersih”

Secara khusus, dijabarkan makna dari visi pembangunan desayang sangat diperlukan untuk membangun kesamaan persepsi, sikap(komitmen), dan perilaku (partisipasi) segenap pemangku kepentingan(stakeholders) dalam setiap tahapan proses pembangunan selama Enamtahun kedepan.

Adalah menciptakan suatu kondisi masyarakat yangsenantiasa berpegang teguh pada keyakinan beragama. Karena di DesaTahalak Ujung Gading sebagian besar penduduknya beragama Islam maka sangatdiharapkan semua tindakan yang dilakukan senantiasa berpedomanpada Al-Quran dan sunnah Rosul Sholallahu ‘alaihi Wasalam, sehinggaakan terciptanya masyarakat yang mempunyai solidaritas yang tinggidan kepedulian yang tinggi terhadap sesamanya. Islam mengajarkan untuk hidup saling menghargai saling tolong-menolong dalam kebaikan dan mencegah pada kemungkaran setelah keadan itu tercapai makatidak akan ada suatu masalahpun yang tidak dapat diselesaikan.

 

MISI PEMBANGUNAN DESA

Misi pembangunan desa adalah sesuatu yang diemban ataudilaksanakan oleh pemerintah desa, sesuai visi pembangunan desayang telah ditetapkan, agar tujuan pembangunan desa dapat terlaksanadan berhasil dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.Sedangkan Visi Kepala Desa Tahalak Ujung Gading adalah “Meningkatkan Tarap Hidup Masyarakat Dengan Peningkatan Perekonomian”

Dengan Misi Kepala Desa Tahalak Ujung Gading:

  • Tersedianya Inprastruktur Yang Baik di Desa
  • Peningkatan SDM Masyarakat di Bidang Perekonomian dan Pertanian

 

TUJUAN PEMBANGUNAN DESA

Tujuan pembangunan Desa Tahalak Ujung Gading Tahun 2016 -2021 adalahsebagai berikut:

  1. Terwujudnya peningkatan kualitas sumber daya manusia dankehidupan beragama.
  2. Terbangunnya perekonomian daerah berbasis potensi lokal yangberdaya saing.
  3. Meningkatnya pembangunan prasarana dan sarana desa.
  4. Termanfaatkannya dan terkelolanya sumber daya alam berbasiskelestarian lingkungan hidup.
  5. Terciptanya sistem pemerintahan yang baik dan demokratis.
  6. 6. Terciptanya masyarakat yang aman dan tenteram.

 

SASARAN PEMBANGUNAN DESA

Sasaran pembangunan desa Tahalak Ujung Gading Tahun 2016-2021 adalahsebagai berikut:

  1. Misi Pertama : Bidang keagamaan “Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap agama”,dilaksanakanuntuk mencapai sasaran yaitu Makin meningkatnya pengetahuandan pemahaman masyarakat terhadap pengetahuan agamasehingga terwujud masyarakat yang berkarakter agamis, berbudaya,berakhlak mulia, dan bermoral berdasarkan falsafah pancasila.
  2. Misi Kedua :Bidang Kesejahteraan meliputi :

a.Pembangunan “ Meningkatkan pembangunan infrastrukturdesa, meningkatkan sumber daya alam yang ada, sertameningkaatkan peran serta masyarakat dalam membangundesa dan peran aktif BPD, LPMD, dan tokohmasyarakat”, dilaksanakan untuk mencapai beberapa sasaran,yaitu :

  • Terbangun dan mantapnya jaringan infrastruktur yang andalsehingga dapat meningkatkan aksesibilitas dan mobilitasfaktor-faktor yang mendukung berkembangnya aktivitasproduksi dan mampu membuka isolasi desa/dusun sertamembentuk kawasan-kawasan pertumbuhan baru,
  • Meningkatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat yangberdampak pada peningkatan pendapatan masyarakatsehingga terwujud masyarakat yang sejahtera.
  • Membaiknya struktur perekonomian yang kokohberlandaskan keunggulan kompetitif sektor basis ekonomidesa sehingga mampu menghasilkan komoditi berkualitas,berdaya saing, menjadi motor penggerak perekonomian.
  • Terpenuhi dan meratanya kebutuhan prasarana dan saranapelayanan dasar di seluruh wilayah desa/dusun dalamrangka peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraanmasyarakat.
  • Makin optimalnya pemanfaatan sumber daya alam, aset danproduk desa yang berdaya saing tinggi sebagai sumbersumberkekayaan desa.
  • Meningkatnya kualitas dan kuantitas pembangunan yang berorientasi tata ruang, serta mengurangi resiko bencanaalam.
  • Meningkatnya pengelolaan sumber daya alam yangberorientasi pada pelestarian lingkungan hidup.
  • Meningkatnya peran aktif BPD, LPMD, Tokohmasyarakt, dan masyarakat pada umumnya dalampembangunan desa.

 

a. Pemerintahan “Menciptakan Sistem Pemerintahan yang Baikdan Demokratis”, dilaksanakan untuk mencapai beberapasasaran, yaitu :

  • Meningkatnya kinerja penyelenggaraan tata pemerintahanyang baik dan bersih.
  • Meningkatnya profesionalisme aparatur desa.
  • Meningkatnya kualitas pelayanan publik sesuai denganstandar mutu pelayanan yang berorientasi pada terciptanyakepuasan masyarakat.
  • Meningkatnya hubungan kerjasama yang salingmenguntungkan dengan berbagai pihak.

b. Kemasyarakatan “Memberikan bantuan kepada masyarakatyang membutuhkan pembiayaan pengembangan usaha, Menjaga dan memelihara ketentraman, ketertiban, dankerukunan warga ”, dilaksanakan untuk mencapai beberapasasaran, yaitu :

  • Berkembangnya Industri kecil masyarakat.
  • Meningkatnya pendapatan masyarakat yang akan berimbaspada peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  • Meningkatnya kesadaran, sikap mental, dan perilakumasyarakat dalam menjaga dan memelihara ketentraman,ketertiban, dan kerukunan warga.
  • Meningkatnya kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalammelaksanakan peraturan dan perundang-undangan yangberlaku,
  • Mantapnya situasi dan kondisi peri kehidupan bermasyarakatyang didukung oleh penegakan HAM.